Beibi + IT Consultant adalah perusahaan IT terakreditasi yang mengelola Layanan Jaringan dan Akses Internet Perusahaan Anda, dengan biaya internet terjangkau yang telah menandai andalannya di Indonesia dengan 1000+ proyek yang berhasil diselesaikan.

Kami berusaha untuk menawarkan solusi terbaik untuk Anda secara maksimum, untuk mendapatkan kepuasan maksimum. Kami adalah ahli dalam menawarkan solusi efektif untuk pengembangan NETWORKING

Dengan perubahan teknologi yang pesat di era milenium ini, kami terus berinovasi dalam infrastruktur digital dan solusi seperti IoT (Internet Of Things), Industry 4.0

Kami adalah pelopor dalam mencerca masalah seperti pengembangan SERVER atau CLOUD SERVER dll. Pakar kami menangani proyek yang ditugaskan dengan hati-hati.

OUR PARTNERS

Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV

Setting Dasar Hotspot Mikrotik Membingungkan? Cek Langkahnya di sini!

Beibi Cemerlang – Setting dasar hotspot mikrotik tentu saja menjadi hal yang sangat penting bagi Anda yang memiliki usaha dengan mengutamakan penggunaan jaringan hotspot. Perkembangan teknologi digital yang  begitu cepat, membuat Anda harus mempelajari kemampuan satu ini.  Hal ini  dikarenakan setiap tempat berkumpul sepertinya sudah sangat lumrah dilengkapi dengan hotspot. Kebutuhan akan koneksi jaringan inilah yang kemudian mempopulerkan  penggunaan  mikrotik.

Setting Dasar Hotspot Mikrotik dan Langkah-langkahnya

Setting dasar hotspot mikrotik

Terdapat kemiripan pada setting dasar hotspot mikrotik dengan hotspot biasa. Keduanya  sama-sama menyediakan koneksi jaringan internet yang dapat digunakan oleh sejumlah penggunanya pada suatu waktu. Perbedaan terbesarnya adalah pada cara pengaksesan internetnya. 

Jika pada hotspot biasa pengguna tidak memerlukan kata sandi ketika akan mengaksesnya, tetapi hal itu tidak berlaku pada koneksi dengan memakai jaringan mikrotik.  Pada mikrotik hotspot, memungkinkan Anda untuk memberikan kode akses, kemudian mengatur banyaknya pengguna dan mengatur lamanya penggunaan koneksi internet.

Anda dapat menyimak langkah-langkah untuk mengatur setting hotspot mikrotik di bawah ini:

  • Buka Winbox. Pada mikrotik Anda  lihat setting IP address.
  • Pilih menu IP> Hotspot> Hotspot Setup.
  • Tentukan Hotspot antarmuka  (pilih yang akan dihubungkan dengan Access Point), gunakan ether2. Klik Next.
  • Tentukan IP address gateway  hotspot.
  • Tentukan pool dhcp server atau range IP Address. klik Next.
  • Pass SSL, pilih None, klik Next.
  • Isikan smtp server untuk hotspot, jika kamu tidak memilikinya, isi saja dengan 0.0.0.0 klik Next.
  • Input DNS server yang akan digunakan di dalam hotspot.
  • Isi nama domain DNS Lokal. Beri nama domain lokal. klik Next.
  • Buatlah username dan password untuk pengguna.
  • Setelah selesai, akan muncul textbox.
  • Melakukan pengetesan dengan mencoba menyambungkan dengan perangkat yang biasa digunakan, misalnya  telepon genggam atau laptop.
  • Setelah prosesnya selesai, Anda  dapat menambahkan user yang bisa terkoneksi pada jaringan hotspot tersebut. Penambahan pengguna  ini sekaligus dapat memberikan batasan kecepatan, lama penggunaan, serta limit  jumlah  pengguna yang bisa tersambung.

Dengan menyimak langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada artikel di atas, semoga dapat membantu Anda untuk melakukan proses setting dasar hotspot mikrotik pada tempat usaha yang dimiliki. Jika Anda mengalami kesulitan, segera hubungi jasa konsultan IT berkualitas yang memberikan pelayanan memuaskan dan memberikan solusi terbaik di Beibi Cemerlang.

(Lyla Iswara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *