Beibi + IT Consultant adalah perusahaan IT terakreditasi yang mengelola Layanan Jaringan dan Akses Internet Perusahaan Anda, dengan biaya internet terjangkau yang telah menandai andalannya di Indonesia dengan 1000+ proyek yang berhasil diselesaikan.

Kami berusaha untuk menawarkan solusi terbaik untuk Anda secara maksimum, untuk mendapatkan kepuasan maksimum. Kami adalah ahli dalam menawarkan solusi efektif untuk pengembangan NETWORKING

Dengan perubahan teknologi yang pesat di era milenium ini, kami terus berinovasi dalam infrastruktur digital dan solusi seperti IoT (Internet Of Things), Industry 4.0

Kami adalah pelopor dalam mencerca masalah seperti pengembangan SERVER atau CLOUD SERVER dll. Pakar kami menangani proyek yang ditugaskan dengan hati-hati.

OUR PARTNERS

Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV

Multiple SSID dengan VAP di Mikrotik: Cara Sederhana, Hasil Luar Biasa

Beibi Cemerlang – Multiple SSID dengan VAP adalah sebuah fitur yang sering digunakan dalam pendistribusian  akses melalui jaringan nirkabel. Metode memungkinkan sebuah perangkat yang hanya memiliki satu antarmuka nirkabel dapat memancarkan lebih dari satu SSID. Fitur Mikrotik Multiple SSID pada Mikrotik artinya bahwa metode ini dapat diaktifkan dengan VAP atau virtual  akses point.

Multiple SSID dengan VAP Pada Mikrotik: Cara Membuatnya

Multiple SSID dengan VAP

Sistem pada fitur ini dapat digunakan pada tempat umum yang memberikan layanan   koneksi internet, seperti  cafe, restoran dan lainnya.  Multiple SSID dapat diimplementasikan agar dapat memenuhi kebutuhan koneksi jaringan yang berbeda, tetapi masih dalam satu router yang  sama ataupun acces point yang sama. Anda dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

Konfigurasi Wireless

Pertama, Anda harus melakukan konfigurasi antarmuka nirkabel WLAN1 agar dapat digunakan sebagai AP dengan  identifikasi SSID=karyawan. Jangan lupa mengaktifkan  wireless security WPA/WPA2  untuk mencegah koneksi semua orang. Selanjutnya, pasangkan IP addres pada antarmuka wlan1. Lalu, aktifkan service DHCP server pada  wlan1.

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi Virtual Ap (VAP) yang nantinya akan Anda gunakan sebagai AP dengan identifikasi SSID=Tamu. Anda tidak perlu melakukan pengaturan wireless pada Virtual AP karena sudah mengikuti pengaturan interface dan tidak dapat diubah lagi. Lakukan  pemasangan  IP address pada VAP. Aktifkanlah Hotspot server pada interface VAP. Namun, harus diingat bahwa VAP hanya dapat diaktifkan jika master antar mukanya berfungsi sebagai AP mode.

Hasil

Pertama, Anda akan melihat bahwa pada tampilan akan ada dua SSID  beserta dengan service yang berbeda. Aktifkan service hotspot pada interface wlan2. Hal ini bertujuan agar  pengunjung  dapat menikmati  koneksi internet melalui jaringan hotspot. Anda cukup klik menu IP, lalu Hotspot  lanjutkan dengan Hotspot setup. Selesai.

Cukup mudah bukan cara setting Multiple SSID dengan VAP.  Dengan adanya fitur ini, tentu saja tamu yang datang ke tempat Anda akan tetap mendapatkan koneksi internet melalui jaringan hotspot kantor atau cafe yang Anda monitor. Jika cara di atas terlalu rumit, segera hubungi kami, Beibi Cemerlang, konsultan jaringan IT Anda yang bekerja dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

(Lyla Iswara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *