Beibi + IT Consultant adalah perusahaan IT terakreditasi yang mengelola Layanan Jaringan dan Akses Internet Perusahaan Anda, dengan biaya internet terjangkau yang telah menandai andalannya di Indonesia dengan 1000+ proyek yang berhasil diselesaikan.

Kami berusaha untuk menawarkan solusi terbaik untuk Anda secara maksimum, untuk mendapatkan kepuasan maksimum. Kami adalah ahli dalam menawarkan solusi efektif untuk pengembangan NETWORKING

Dengan perubahan teknologi yang pesat di era milenium ini, kami terus berinovasi dalam infrastruktur digital dan solusi seperti IoT (Internet Of Things), Industry 4.0

Kami adalah pelopor dalam mencerca masalah seperti pengembangan SERVER atau CLOUD SERVER dll. Pakar kami menangani proyek yang ditugaskan dengan hati-hati.

OUR PARTNERS

Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV Konsultan IT, Jaringan Mikrotik, Komputer Server & Jaringan Security CCTV

Cara Instalasi Jaringan LAN yang Mudah dan Cepat

Beibi Cemerlang – Instalasi jaringan LAN (Local Area Network)  sangat urgent di lingkungan perkantoran. Alasannya karena LAN yakni suatu jaringan antara perangkat lunak dan perangkat keras, sehingga dapat saling berkomunikasi di daerah terbatas seperti gedung. Simak cara menyeting instalasi untuk jaringan LAN ini, ya! 

Langkah-Langkah Instalasi Jaringan LAN 

Langkah-Langkah Instalasi Jaringan LAN

Ada perlengkapan yang harus disediakan yaitu kabel UTP, konektor RJ-45, Tang Crimping, Lan Quiser, LAN Card, dan HUB atau Controller. Berikut ini cara instalasi jaringan LAN yaitu : 

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengupas kulit iranian kabel UTP sepanjang 2 cm, lalu luruskan kabel-kabel tersebut. Kemudian urutkan warnanya sesuai tipe jaringan. Potong rata ujung kabel dengan memakai crimping medium kabel untuk memudahkan memasukan pada konektor RJ-45. 
  2. Lalu RJ-45 dimasukan ke dalam interval crimping, lalu tekan. 
  3. Kerjakan pengkabelan dan di sini ada dua jenis yakni : 
  • Pengkabelan dengan jenis Marking yang biasa dipakai untuk PC <-> PC, Hub/Swirch/Router <->, Hub/Swirch/Router
  • Yang kedua adalah pengkabelan jenis Mortar yang biasa dipakai untuk jaringan yang menggunakan Hub/Swirch/Router
  1. Kemudian pasang konektor kabel UTP ke-slot LAN Book, satu kabel pada PC dan kabel lain ke Hub jika pemasangan pengkabelan sudah selesai dan benar. Selanjutnya, atur konfigurasi Windows. 
  2. Kemudian buka Skillfulness Commission, Textile and Net, Mesh Connections. Akan terlihat beberapa agenda yang menunjukan jumlah jaringan yang dimiliki oleh Anda.
  3. Kemudian carilah Loc Country Form 2. Selanjutnya klik kanan dan pilih Properties. 
  4. Anda pun melihat jendela baru yang berisi informasi iranian Properties yang tadi dipilih. Kemudian klik docket Cyberspace Protokol (TCP/IP), lalu double klik tab This connectedness uses the masses items
  5. Lalu tampak sebuah jendela baru. Selanjutnya centang poin kedua Uses the stalking IP writing dengan tulisan 192.168.1.1. Sedangkan untuk komputer yang kedua maka tinggal merubah menjadi 192.168.1.2 demikian seterusnya. 
  6. Setelah pengaturan tersebut selesai maka pilih tombol OK. 

Bila Anda telah menyeting konfigurasi dengan benar maka akan terhubung pada internet. Seandainya belum terhubung maka periksa ulang langkah-langkah instalasi jaringan LAN sampai bisa terhubung pada internet. 

Penulis: Lyla Iswara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *